Si Kuning yang Punya Banyak Manfaat


Buah ini dikenal sangat disukai monyet, kandungan kaliumnya juga tinggi, hayoo siapa tahu?!! Yup… PISANG… Berbagai manfaat bisa didapatkan dari makan pisang, mulai dari melancarkan buang air besar hingga melindungi sel dari kerusakan. Apa saja ya manfaat lainnya dari pisang…

Menurunkan Berat Badan dan Mempercepat Metabolisme

Diet pisang atau juga dikenal dengan morning banana diet pertama kali dirancang oleh seorang apoteker asal Jepang bernama Sumiko Watanabe. Nama morning banana diet berasal dari porsi diet saat sarapan. Jadi Anda hanya makan pisang sebanyak apapun sambil minum air putih hangat saat sarapan.

Prinsipnya, setelah sarapan pisang di pagi hari, Anda dapat makan apapun kecuali makanan kaya lemak jenuh atau lemak trans saat makan siang dan makan malam. Pisang juga merupakan sumber kaya nutrisi, yang dapat mengekang keinginan untuk makan makanan tidak sehat karena sudah merasa lebih puas jika kebutuhan gizinya terpenuhi. Kandungan serat dan kadar vitamin C yang tinggi dalam pisang juga dapat mendukung penurunan berat badan dengan cepat.

Meredakan Stres

Pisang mengandung 2 senyawa yang bisa menenangkan pikiran yakni dopamin dan serotonin, keduanya merupakan senyawa pengendali mood atau suasana hati, yang secara alami juga diproduksi di otak. Selain memberi rasa senang dopamin juga melindungi saraf otak dari Parkinson, yakni penyakit yang dipicu oleh kerusakan saraf akibat proses penuaan. Kadar dopamin yang cukup juga akan melindungi fungsi jantung dari berbagai gangguan sirkulasi darah.

Sementara itu serotonin adalah senyawa yang mengatur suasana hati, membuat seseorang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif. Kekurangan kadar serotonin di otak dapat mengakibatkan seseorang jadi sensitif, mudah tersinggung dan suka marah-marah. Karena sangat menentukan suasana hati, serotonin menjadi target terapi pada beberapa obat antidepresi. Obat-obat tersebut diberikan pada pasien yang mengalami depresi, untuk meningkatkan pelepasan serotonin di otak sehingga tingkat stresnya berkurang.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Pisang yang hidup subur di iklim tropis basah dengan tanah lembab dan panas ini mengandung banyak magnesium, vitamin A, B1, C, serta protein yang sangat dibutuhkan pria untuk meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak.

Zat-zat yang terkandung dalam pisang inilah yang diklaim bisa meningkatkan kesuburuan. Kandungan asam amino L-arginine dan L-carnitine dapat meningkatkan produksi sperma. Dikutip dari Thestar, Rabu (13/10/2010), seorang ahli urologis asal Singapura menyatakan bahwa pria dapat meningkatkan kesuburannya dengan mengonsumsi pisang teratur setiap 3 hari sekali. Tapi sebenarnya sereal, sayuran hijau, kacang polong, zink dari daging tidak berlemak (tenderloin), serta sumber vitamin D dari susu dan salmon juga bisa menambah jumlah sperma. Namun peneliti lebih menekankan ke pisang karena buah ini dianggap paling mudah dicari di daerah tropis.

Melindungi Diri dari Virus AIDS

Berbagai cara dilakukan peneliti agar bisa menghentikan penyebaran virus HIV/ AIDS. Ternyata buah pisang diduga kuat memegang peran kunci dalam perawatan baru melindungi diri dari virus AIDS. Dalam percobaan di laboratorium, peneliti menemukan salah satu bahan yang terkandung di pisang yaitu BanLec memiliki potensi yang sama kuat dengan dua obat anti-HIV yang saat ini masih digunakan yaitu T-20 dan maraviroc.

Bahan BanLec yang terkandung tersebut adalah lectin, yaitu suatu bahan kimia alami yang terdapat dalam tumbuhan dan berguna untuk melawan infeksi. Lectin yang terkandung dalam buah pisang dapat menghambat infeksi HIV dengan cara menghalangi masuknya virus ke dalam tubuh. BanLec bekerja pada protein amplop (envelope) yang membungkus bahan genetik dari HIV. “Masalah yang selama ini terjadi pada beberapa obat HIV adalah kemampuan virus untuk bermutasi sehingga menjadi resisten (kebal). Tapi hal ini akan sulit terjadi jika ada kehadiran lektin,” ujar ketua peneliti Michael Swason dari University of Michigan, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (17/3/2010). Swason menambahkan lectin dapat mengikat gula yang ditemukan pada tempat berbeda dari envelope HIV-1 dan kemungkinan hal ini dapat membuat virus sulit untuk melakukan mutasi.

Mengatasi Susah Tidur

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari, padahal tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk pemulihan tubuh. Jarang sekali orang dewasa yang mengalami tidur nyenyak. Karena memang 44 persen orang dewasa hingga tua mengalami masalah tidur. Tidur kurang dari 6-7 jam per hari sudah menjadi kebiasaan buruk banyak orang.

Bila Anda termasuk salah satu orang yang mengalami susah tidur, coba makanlah pisang di malam hari untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Penelitian dari University of Wisconsin yang sudah dipublikasikan pada Journal of Neuroscience tahun 2007 menunjukkan bahwa gen yang mengontrol aliran kalium (potasium) ke dalam sel diperlukan untuk mempertahankan tidur normal, dilansir Huffingtonpost, Kamis (24/2/2011).

Pisang merupakan salah satu contoh buah yang banyak mengandung kalium atau potasium. Pada pisang ditemukan kandungan potasium yang tinggi sebesar 400 mg yang setara dengan segelas jus jeruk atau kentang kukus.

Membantu Mengobati Gangguan Sleep Apnea (gangguan susah bernapas saat tidur).
Tak hanya membuat tidur lebih nyenyak, penelitian lain menunjukkan bahwa makan pisang di malam hari bisa membantu mengobati gangguan sleep apnea (gangguan susah bernapas saat tidur). Orang yang mengalami obstructive sleep apnea (OSA) bisa mengalami tersedak berulang kali ketika tenggorokan tiba-tiba tertutup saat tidur. Gangguan tidur ini juga bisa mengancam nyawa.

Peneliti dari University of New England di New South Wales menyebutkan pisang dapat membantu mengatasi gangguan tersebut. Hasil studi awal menunjukkan bahwa fosfolipid (asam lemak pada pisang) dapat tetap aktif dalam mulut selama enam jam, yang sama artinya dengan periode tidur yang memuaskan). Fosfolipid diketahui dapat menjaga tenggorokan tetap terbuka sehingga menghindari tersedak saat tidur dan membantu pasien OSA mendapatkan tidur yang berkualitas.

“Temuan awal kami menunjukkan bahwa pisang dapat menawarkan alternatif yang relatif murah dan lezat sebagai bagian dari pengobatan untuk pasien dengan obstructive sleep apnea,” jelas Dr Tom Van der Touw, salah satu peneliti. Banyak cara dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan. Tapi bila Anda ingin menurunkan berat badan dengan mudah dan cepat, diet pisang bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Sumber Antioksidan

Pisang juga kaya akan kandungan vitamin terutama vitamin C, B6 dan A.

Manfaat Kulit Pisang

  • Meredakan nyeri
    Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.
  • Mengatasi gatal
    Gatal-gatal akibat gigitan serangga atau alergi ringan bisa diatasi dengan kulit pisang. Caranya cukup dengan menempelkannya di permukaan kulit yang terasa gatal.
  • Mengobati kutil
    Kulit pisang diyakini punya aktivitas antivirus, sehingga banyak yang menggunakannya untuk mengusir kutil dari permukaan kulit. Caranya dengan menempelkan kulit pisang, lalu ditahan dengan plester dan dibiarkan hingga sembuh dengan sendirinya.
  • Mempercepat kesembuhan luka
    Luka yang sudah mulai kering terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras. Serpihan itu bisa dihilangkan lebih cepat hanya dengan mengoleskan kulit pisang, karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.
  • Menyuburkan tanah
    Tidak hanya untuk campuran kompos, kulit pisang bisa langsung ditimbun begitu saja ke dalam tanah untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya. Kulit pisang memiliki kandungan potassium yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman.
  • Mengkilapkan tanaman hias
    Berbagai tanaman hias semacam anthurium, gelombang cinta dan sejenisnya akan lebih menarik jika daunnya tampak hijau mengkilap. Gunakan sisi dalam kulit pisang yang teksturnya lunak untuk memolesnya, maka dedaunan itu akan mengkilap dan lebih tahan lama.
  • Mengkilapkan sepatu
    Tidak perlu panik jika suatu saat kehabisan semir sepatu, asalkan ada pisang di lemari es. Kupas biuahnya, lalu gunakan kulitnya untuk memoles sepatu kulit agar tampak mengkilap seperti habis disemir.
  • Memurnikan air
    Menurut sebuah penelitian di jurnal Industrial & Engineering Chemistry Research, kulit pisang bisa menyaring logam berat terutama timbal (Pb) dan tembaga (Cu).

    Dalam penelitian tersebut, kulit pisang yang digunakan tidak dimodifikasi melainkan hanya dicincang kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam air ayng tercemar. Cincangan kulit pisang bisa dugunakan hingga 11 kali tanpa kehilangan kemampuannya untuk menyerap logam berat.

************

Sumber : Detik Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: