Macam Nutrisi Otak dan Manfaat Tidur Terhadap Perkembangan Otak


Otak memerlukan 50 % kebutuhan energi dalam tubuh. Apabila kekurangan nutrisi otak, seperti multivitamin, asam amino dan mineral maka akan berpengaruh terhadap daya maksimal otak yang akhirnya mempengaruhi stamina tubuh.

Pada masa balita, otak berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, pada masa pertumbuhan dan perkembangan inilah nutrisi otak sangat penting untuk menciptakan anak-anak cerdas. Nutrisi otak diperlukan agar otak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Karbohidrat Alam

Karbohidrat alami adalah karbohidrat yang didapat dari bahan-bahan alami yang mengandung karbohidrat dominan. Ini diperlukan untuk berbagai proses metabolisme yang terjadi pada otak. Selain itu, berfungsi untuk pembentukan otak bayi dan anak yang kemudian digunakan untuk proses berpikir.

Karbohidrat alami ini dapat diperoleh dari makanan, seperti gandum, beras, terigu, sagu, kentang, dan jagung.

Lemak Omega-3

Ini adalah rajanya makanan untuk otak. Biasanya disebut sebagai asam lemak yang terdapat pada AA-DHA. Fungsinya untuk membentuk membran sel, terutama sel saraf otak. Lemak omega-3 ini juga membantu mengurangi depresi, meningkatkan kemampuan belajar, kemampuan mengingat, serta sangat penting untuk kelenturan otak, dalam hal ini untuk membangun kembali struktur otak agar transmisi neuron lebih efisien.

Omega-3 dapat Anda beli di toko obat terdekat atau bisa didapatkan dari bahan-bahan alami, yaitu minyak ikan, aneka jenis ikan, minyak kanola, biji gandum, kenari, kacang kedelai, dan sebagainya. Khusus untuk AA, dapat Anda peroleh dari kacang tanah, unggas, daging, minyak bunga matahari, susu, minyak jagung, minyak wijen, minyak kenari, dan minyak kedelai.

Protein dan Asam Amino

Protein dan asam amino yang penting untuk si buah hati ada beberapa jenis,antara lain:

  1. Kolin. Penting sebagai komposisi membran sel yang normal dan menjaga keutuhannya. Membantu otak menjalankan fungsinya dengan pembentukan neotransmitter asetilkolin yang memiliki peran penting pada fungsi otak. Kolin bisa diperoleh dengan memberikan ASI pada si kecil.
  2. Asam folat sangat penting untuk pembentukan otak bayi pada awal kehamilan. Terdapat pada kacang kedelai, hati ,ayam bayam, brokoli, kembang kol, gandum, daging, susu, telur, dan keju.
  3. Tyrosine dan tryptophan sangat penting untuk menghasilkan neurotransmitter yang memiliki manfaat dalam penyerapan pesan dan pengolahannya sehingga pesan dapat disampaikan dengan maksimal. Zat ini diperoleh dari telur, kacang-kacangan, dan susu yang memiliki kandungan zat ini.

Vitamin

Vitamin yang dibutuhkan sebagai nutrisi otak adalah sebagai berikut:

  1. Vitamin B-1. Vitamin B-1, yang dikenal juga dengan nama tiamin, merupakan gizi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan otak dan sel saraf balita Anda. Terdapat pada biji-bijian, roti, nasi, sereal, dan pasta.
  2. Vitamin B-5 (Asam Pantotenat). Dikenal dengan asam pantotenat yang membantu mengantar rangsangan saraf. Terdapat pada unggas, daging, sereal, biji-bijian, ikan, sayur, dan buah.
  3. Vitamin B-6. Disebut juga piridoksin yang berfungsi mengubah trypthophan sehingga menjadi serotonin. Seretonin ini bisa menimbulkan rasa tenang pada tubuh. Terdapat pada hati, ikan, sereal, biji-bijian, polong-polongan, ikan, serta kacang-kacangan.
  4. Vitamin B-12. Disebut juga sianokobalamin. Berfungsi untuk pertahanan jaringan syaraf agar tetap sehat. Terdapat pada telur, unggas, ikan, daging, susu, serta produk olahannya.

Mineral

Mineral yang dibutuhkan untuk otak adalah sebagai berikut:

  1. Zink (Seng). Fungsinya untuk kekebalan, dalam hal ini berperan untuk menjaga kestabilan membran sel. Terdapat pada unggas, daging, ikan laut, produk susu, juga sereal.
  2. Zat Besi (Fe). Diperlukan untuk pembentukan selubung saraf dan mencegah adanya gangguan pada kecerdasan. Terdapat pada ASI, hati, daging, jantung sapi, ikan, daging ayam, kacang-kacangan, sereal, sayuran hijau, dan sebagainya.
  3. Yodium. Berfungsi untuk perkembangan mental serta kecerdasan balita Anda. Terdapat pada daging merah, sayur, dan ikan laut. Tambahannya, dapat diberikan garam beryodium untuk bumbu makanan si kecil.

Ketika otak lelah, maka tubuh akan terasa lelah dan tubuh akan kurang produktif. Perlu yang namanya nutrisi agar perkembangan otak berfungsi secara optimal, yakni makan makanan seperti ikan, daging, telur, udang, sari buah dan lain sebagainya. Tak lupa juga mengkonsumsi suplemen makanan yang memberi tambahan nutrisi pada otak. Tak hanya itu harus menjaga pola tidur, dalam sehari, kita diwajibkan tidur selama 6-8 jam serta berolahraga 3x seminggu minimal 25 menit sekali.

Setelah otak digunakan selama 1 jam, disarankan untuk beristirahat 5 menit dulu, mengurangi stres dan mediasi dengan pikiran harus ditingkatkan. Dianjurkan juga untuk sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas, karena otak membutuhkan asupan energi sebelum digunakan. Tidak merokok, tidak banyak makan makanan yang mengandung banyak lemak, karena hal itu akan mengakibatkan pembuluh darah dilingkupi jaringan lemak sehingga terjadi kerusakan pada otak. Yang terakhir adalah tidak tidur berlebihan agar otak kita mendapat stimulus.

Manfaat Tidur:

  1. Perkembangan dari otak meningkat sehingga bisa meningkatkan kecerdasan.
  2. Pada saat tidur, pertumbuhan otak akan lebih cepat sepertiga dari keseluruhan waktu tidur, terutama pada 1 jam pertama.
  3. Serotonin akan dikeluarkan pada saat tidur, yang berfungsi untuk menstimulasi dari otak.
  4. Menghasilkan hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan.
  5. Mengaktifkan kembali semua koneksi otak sehingga nantinya dapat menyerap informasi baru untuk meningkatkan proses pembelajaran dan mengingat.
  6. Menghasilkan sinaps-sinaps baru yang akan menghubungkan kembali sel-sel otak manusia agar dapat menyerap informasi baru lagi.
  7. Pada saat tidur, otot-otot, kelenjar dan susunan tubuh akan diperbaharui.
  8. Dengan tidur, otak manusia akan lebih tajam.
  9. Meningkatkan sistem imun tubuh (daya tahan tubuh) dengan meningkatkan jumlah leukosit.

 

********

Sumber: Resume Tutorial Kelompok G 2011 FK UNEJ

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: