Yuks Bersihkan Kerak Kepala Bayi Qita…


Alhamdulillah… Shofiya sekarang sudah berumur 3 bulan. Saat digundul rambutnya oleh Yangti (baca: eyang putri), ternyata di kepalanya terdapat kerak (cradle cap). Ga banyak siy, tp khawatir jg kl ga bs hilang atau malah menimbulkan gatal. Sebenarnya, rencananya dulu hendak digundul tepat saat aqiqahnya, 7 hari setelah lahir, sunnahx kan gitu… Qaddarullah, pas umur sgitu, dedek malah lagi difoto terapi karena hiperbilirubinemia (ikterus neonatorum et causa kurang ASI, hayah…campur2 bahasane, hehe…), so baru digundul pas umur 3 bulan. Niy ummu Shofiya pingin berbagi pengalaman cara membersihkan kerak tadi. Semoga bermanfaat ^^

Ciri kerak kepala: bersisik-sisik tebal berminyak berwarna kuning di dahi dan bagian atas kepala bayi.

Bayi yang baru lahir memang biasanya masih terdapat kerak kepala. Kerak kepala atau cradle cap ini memang akan terkelupas sendiri, menjadi serpihan-serpihan tipis seperti ketombe, jika sudah mengering.

Kerak kepala ini muncul akibat masih adanya kandungan hormon dari  bunda dalam tubuh bayi. Untungnya, kerak kepala ini hanya bersifat sementara, yang akan hilang dengan sendirinya seiring berkurangnya kadar hormon ibu dalam tubuh bayi. Gangguan kulit ini mungkin akan berlangsung sampai bayi berusia 8 – 12 bulan.

Namun ada baiknya juga jika Bunda membersihkan kerak kepala tersebut, karena selain mengganggu penampilan, kerak ini juga membuat gatal dan mengganggu pertumbuhan rambutnya.


Tips mengatasi kerak di kulit kepala bayi berdasarkan pengalaman saya :

  1. Rambut digundul agar memudahkan dalam membersihkan kerak, mengobservasi dah berkurang or belum keraknya, dah bersih or belum kulit kepalanya. Sekaligus, memudahkan penyerapan minyak zaitun ke kulit kepala. (Alhamdulillah abinya Shofiya dah belikan 3 botol minyak zaitun, yg awalnya siy mo digunakan untuk perawatan rambut Shofiya, eh..ga tahunya malah berguna buat ngilangin kerak di kepalanya yg baru aja diketahui ^^)
  2. Oleskan minyak zaitun ke area kepala yang berkerak sambil dipijat-pijat lembut,  kemudian diamkan beberapa jam supaya kerak jadi melunak dan lebih mudah diangkat. Selanjutnya bila sudah waktunya mandi, bayi dikeramas rambutnya supaya keraknya ikut rontok. Lakukan minimal 2 kali sehari: malam hari ketika tidur malam sampai menjelang waktu mandi pagi dan pagi/siang hari sampai menjelang waktu mandi sore. Insya Allah dalam beberapa hari kerak akan berkurang hingga kemudian hilang.  (Alhamdulillah kerak di kulit kepala Shofiya hilang dalam 3 hari).

Bila di tempat Bunda tidak ada minyak zaitun, Bunda dapat mengunakan baby oil maupun minyak kelapa yang dioleskan seperti minyak zaitun.

Hati-hati infeksi! Ketika Anda melakukan perawatan kerak kepala, berhati-hatilah. Kalau tidak, bisa terjadi infeksi pada kulit kepala bayi. Jangan melepas secara paksa kerak kepala saat kering, apalagi dilakukan dengan jemari tangan Bunda karena bisa melukai kulit kepala bayi, serta menimbulkan risiko infeksi.
Jika Anda menjumpai tanda-tanda infeksi, seperti timbul ruam-ruam merah, bawa bayi ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan Anda menggunting rambut di bagian kulit kepala tersebut, dan memberinya salep antibiotik.

Yang perlu Bunda perhatikan antara lain:

  1. Bila keraknya sudah menebal dan keras, jangan selalu mencuci rambut bayi setiap kali memandikannya. Karena dapat menimbulkan kekeringan pada kulit kepala, yang akhirnya mempercepat peradangan. Jangan pula memaksakan kerak terkelupas karena dapat menimbulkan iritasi kulit.
  2. Potong rambut si bayi hingga pendek. Akan lebih baik jika dibotaki saja. Tujuannya untuk mencegah timbulnya peradangan kelenjar minyak, terutama pada bayi yang sering berkeringat. Disamping memperkecil risiko kerontokan.
  3. Jangan memberi bedak atau talk di kepala karena akan membuat kerak semakin tebal. Jangan pula si bayi dikenakan topi kecuali sangat diperlukan. Hal ini untuk menjaga agar kepala si bayi tak lembab.
  4. Kamar bayi atau ruangan di mana si bayi kerap berada harus diusahakan bersuhu sejuk. Apalagi jika si bayi sering berkeringat.

Perawatan kerak kepala jika rambut tidak digundul pd prinsipnya sama saja, tp coba sy tuliskan lg dech versi lainnya :

  1. Pada kasus yang ringan, oleskan minyak kelapa atau baby oil di bagian kulit yang bersisik. Khusus pemakaian baby oil agar tak berlebihan, karena dapat mengakibatkan biang keringat. Hal ini lantaran kulit bayi tertutup rapat sehingga tak bernapas.
  2. Pijatlah daerah tersebut secara perlahan dan lembut, terutama di bagian yang dekat ubun-ubun karena ubun-ubun masih terbuka dan lembek. Tindakan ini dimaksudkan untuk melembutkan kerak sehingga mudah dibersihkan. Biarkan kira-kira 12 jam atau diinapkan semalam, agar kerak melunak dan mudah dibersihkan. Anda bisa melakukannya pada saat bayi tidur.
  3. Selanjutnya sisir rambut bayi dengan sisir khusus bayi secara perlahan dan hati-hati, agar kerak yang sudah lembut itu mengelupas. Bisa juga dengan menggunakan jari-jemari Anda yang sudah ditutup sarung tangan berbentuk jari dan terbuat dari bahan lembut/plastik elastis yang halus. Atau gunakan kapas yang sudah disterilkan.
  4. Setelah itu cucilah rambut si bayi dengan sampo khusus bayi. Gosok lembut sampai berbusa. Hati-hati, jangan sampai mengenai matanya. Lalu basuhlah sampai bersih. Oh ya, jangan gunakan air hangat, karena membuat kulit jadi lembab dan kulit yang lembab dapat memicu terjadinya peradangan kelenjar minyak.

Hal lain yang harus diperhatikan:

Bila semua usaha tak bisa memberikan hasil, perlu intervensi obat-obatan yang sifatnya menekan produksi kelenjar minyak. Apalagi bila puncak kepala berwarna merah dan mengeluarkan cairan kuning agak berminyak. Biasanya sudah dikatakan peradangan sedang, sehingga tak bisa lagi diatasi dengan obat tradisional. Segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang semestinya.

Yuk, bersihkan kerak di kepala bayi Bunda, agar bayi jadi cantik, bersih dan merasa nyaman!

4 Responses

  1. Thank’s to info’a baru ja aq bersihin kerak dikepala my baby hafidz.

  2. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    salam kenal ukhty…

    ponakan saya, perempuan kelas 1sd,,, kulit kepalanya masih mengelupas,,, hampir di seluruh sisi kepalanya,
    kadang saya oleskan minyak, setelah itu saya sisir, tp karna dia kesakitan, jadi saya sisirnya ketika dia sedang tidur

    bagaimana yaa solusinya

    qoddarulloh saya juga mengalami hal itu di bagian kepala saya, saat ini kira-kira sekitar 5cm lebarnya, saya bingung , ini ketombe atau kulit mengelupas (sama aja ya?😉 )

    tfs

    jazakillah khoyr

    • Wa’alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokatuh,
      Apakah gejalanya selain tampak seperti ketombe, disertai dengan sisik sisik yang besar, kuning kecoklatan, berminyak, dan menimbulkan lapisan tebal di kulit kepala? Gatal? Apakah sering kambuh atau sudah lama mengalami ini? Sebaiknya untuk mendiagnosis perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung mbak.
      Saya akan mencoba menduga, kemungkinan mbak terkena dermatitis seboroik. Perlu diingat bahwa dermatitis seboroik tidak berhubungan dengan bersih atau tidaknya kulit dan kulit kepala seseorang.
      Banyak kasus dermatitis seboroik di kulit kepala dapat diterapi secara efektif dengan memakai shampo tiap hari atau berselang satu hari dengan shampo anti ketombe yang mengandung 2,5 persen selenium sulfide atau 1-2 persen pyrithione zinc. Mbak bisa gunakan sampo yang mengandung selenium sulfide seperti selsun, ada dua macam yang warna biru dan kuning. Mbak pilih yang untuk pengobatan, bukan pemeliharaan, seingat saya yang warna kuning, bisa dilihat di kemasannya insya Allah. Shampo sebaiknya mengenai kulit kepala selama 5 sampai 10 menit sebelum dibilas. Shampo moisturizing dapat dipakai setelah itu untuk mencegah kerontokan rambut. Setelah penyakit dapat dikendalikan frekuensi memakai shampo dapat dikurangi menjadi dua kali seminggu atau seperlunya. Jika kulit kepala tertutupi oleh skuama difus dan tebal, skuama dapat dihilangkan dengan memberikan minyak mineral hangat atau minyak zaitun pada kulit kepala. Syafakillah, la ba’tsa thohurun insya Allah. Jk peradangan berlanjut atau semakin berat, ahsan anti periksa ke dokter,bisa dokter spesialis kulit kelamin (SpKK).
      Wa anti fa jazakillahu khoiron.

  3. Anak sya 3bln. Banyak kerak d kpalany. Udh dbersihkan tp ko adalagi? Knapa yaa? Gmn solusiny?
    Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: