Tips Merawat Kulit Saat Hamil


Assalamu’alaykum wa rohmatullohi wa barokatuh,

Tidak terasa, dah lama banget ga posting, dah sekitar 3 bulan lebih. Yang dulunya cukup aktif, jadi ga aktif sama sekali, ayo semangat Desie !!! (menyemangati diri sendiri mode on ^^).  Alhamdulillah dapat artikel dari suami, dapat suntikan semangat dan beberapa ide juga, yang sayang kalau ga diterbitkan, dalam bentuk postingan tentunya ^^

Bismillah…

Kali ini mo ngebahas tentang tips merawat kulit saat hamil. Saat hamil, kulit jadi meregang dan seperti retak-retak. Dengan merawat kesehatan dan kecantikan kulit, perubahan yang terjadi pada kulit saat hamil bisa diminimalkan. Perawatannya tidak sulit dan dapat dilakukan sendiri.  Yuks intip tipsnya berikut ini:

1. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.

2. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, buah, vitamin, dan mineral.

3. Makan makanan yang mengandung protein karena protein dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel kulit.

4. Istirahat yang cukup, minimal enam sampai delapan jam per hari. Saat beristirahat itulah sel-sel kulit bekerja untuk memperbarui sel kulit lama yang sudah mati.

5. Olahraga. Wanita hamil dan ibu menyusui juga perlu berolahraga agar sirkulasi darah tetap terjaga. Olahraga yang dilakukan bisa berupa senam atau jalan santai.

6. Jaga kebersihan, terutama kebersihan kulit dan lingkungan sekitar.

7. Gunakan tabir surya untuk menghindari sinar matahari. Hal ini akan mengurangi topeng wajah. Usapkan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah dan oleskan tiga sampai empat jam sekali. Kalau gampang berkeringat, pemakaian tabir surya harus lebih sering, misalnya dua jam sekali.

8. Gunakan penutup fisik, seperti baju lengan panjang, topi, atau payung. Hal ini dapat membantu menahan efek sinar matahari yang buruk bagi kulit.

9.  Untuk mencegah timbulnya striae yaitu guratan berwarna putih terutama di bagian perut disebabkan perut yang semakin membuncit, maka sebelum striae itu timbul, di awal trimester kedua, mulai gunakan pelembab secara rutin pada daerah lipatan kulit, seperti perut, bokong, dan paha (tips dari teman sekamar saat diklat prajabatan di Surabaya, terimakasih ya mbak…). Pelembab dapat juga diganti dengan minyak zaitun yang mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Pengen kulit tetap terlihat cantik kan, ayo dipraktekkan….!

************************

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: