Fish Therapy di Kuala Lumpur


Terlihat, kaki siapa yang baru masuk kolam, coz at the first time your legs turn down in to the fishpond, that fishes will move on to your legs. Yang difoto niy adalah kaki turis2 Eropa punya =)

Pernah mendengar atau bahkan merasakan diserbu puluhan hingga ratusan ikan pemakan sel kulit mati?

Sabtu lalu, tepatnya tanggal 26 Desember 2009, saya bersama suami pergi ke Pasar Seni, Kuala Lumpur, hendak mencari oleh-oleh buat keluarga di rumah dan teman-teman juga. Sesampainya disana, kami pun mulai berkeliling “hunting” pernak-pernik dan gantungan kunci yang bagus. Tiba-tiba pandangan kami tertuju pada seorang anak laki-laki umur 11 tahunan yang sedang merendam kakinya di sebuah kolam kecil. Puluhan ikan-ikan kecil mengerumuni kakinya. Entah tampak seperti kesakitan, dia ditemani kakak perempuannya, yang tertawa geli melihat tingkah laku si adek. Saya pun kemudian mendekati mereka dan bertanya, “Is it hurt?” Si kakak menjawab, “No, it just amuse“. “O… geli tha? Kirain sakit”, pikirku. “Have you ever tried before?, tanyaku kemudian (secara si kakak ga merendam kakinya di kolam, tapi bisa tau rasanya digigit ma niy ikan =).Yes, in Singapore“, jawabnya dengan ramah. Kemudian suami mengajak saya untuk mencobanya. Ehmm…sayang sekali ga bisa ikut merasakan karena kan harus buka kaos kaki berarti. Akhirnya, suami dech yang ikut. Dengan membayar 5 RM (ringgit Malaysia), kita dapat mencoba sensasinya dalam waktu 10 menit (hayah…sensasi, bahasane rek…).

Kemudian suami mulai membuka sandal. Tapi… tampak ragu-ragu menceburkan kakinya ke kolam. Di tempat tersebut ada dua kolam, yang satunya kolam berisi ikan-ikan kecil 2-3 cm yang digunakan oleh si adik tadi, sedangkan kolam satunya lagi tempat suami saya akan memasukkan kakinya berisi ikan-ikan yang lebih besar rata-rata sekitar 5-7 cm panjangnya. Saya sebenarnya agak ngeri ngeliatnya, untung ga ikut nyobain, takuuut… Kemudian si pemilik kolam memberikan dorongan kepada suami agar segera memasukkan kakinya (secara khawatir kelamaan, pada banyak yang antri kali ya…), akhirnya suami saya pun berani alias memberanikan diri sepertinya. Pengunjung makin banyak, terutama turis-turis asing (saya turis asing bukan ya??? Hehe…). Baru saja suami saya memasukkan kakinya ke kolam, tiba2 berpuluh-puluh hingga ratusan ikan menyerbu kakinya. Tampak ekspresi yang aneh, seperti kesakitan or sebenarnya emang geli or apa??? Saya pun kembali menanyakan ke suami apakah sakit. Jawabannya pun sama, “GELI”. Tapi mungkin ada sensasi2 lainnya kali ya, ah tak tahulah awak… kan ga ikut nyobain.  Seorang wanita berwajah bule, dari Eropa sepertinya , bertanya ke arah suami dengan ekspresi takut, tapi juga penasaran ingin mencoba, “Uhmmm… is it hurt? Look… so many fishes move on to your legs.”  Ikannya suka ma kaki suami saya mungkin, hehe… cemburu koq ya ma ikan ^_^. Setelah mendengar jawaban suami kalau itu tidak sakit, maka kemudian ia pun berani membayar untuk ikut merasakan. Tapi… sama seperti suami saya tadi yang masih ragu untuk memasukkan kaki ke kolam, bahkan lebih lama lagi waktu yang dibutuhkan untuk memberanikan diri, meskipun akhirnya ia pun “terpaksa” memberanikan diri juga menceburkan kakinya ke kolam. Rata-rata ekspresinya sama, sepertinya siy emang geli banget. Hiii…

Setelahnya, suami mengatakan merasa “fresh”. Pengen tau lebih detail tentang niy ikan? Yuks baca…

**********

Fish Spa dengan Garra rufa
Saat kaki Anda dimasukkan ke dalam kolam atau akuarium, ribuan ikan kecil ini langsung mengerumuni kaki Anda. Tapi, Anda tidak perlu takut, karena ikan-ikan ini tidak akan menggigit dan melukai. Itulah yang terjadi saat Anda fish spa dengan ikan Garra rufa. Berkat manfaat yang dihasilkannya, ikan Garra rufa dikenal juga dengan Doctor Fish. Walaupun terapi ini terbilang baru di Indonesia, tetapi perkembangannya sudah mulai pesat sehingga Anda dapat menemukannya di tempat spa, salon kecantikan, bahkan di berbagai mall. Bagaimana rasanya dikelilingi ikan-ikan ini dan manfaat apa saja yang bisa didapat? Yuk, kita kenalan dengan ikan Garra rufa.

Ikan Garra rufa aslinya hidup di sungai-sungai di negara Timur Tengah seperti di Turki, Syria, Iran dan Irak. Umurnya 4 sampai 6 tahun dengan panjang maksimal 12 cm. Tetapi, ikan yang digunakan untuk terapi adalah ikan yang masih kecil yang berumur 3-6 bulan, umumnya memiliki panjang 1,5 hingga 2 cm. Ikan ini dapat hidup pada air dengan suhu 0 hingga 43 derajat Celcius.
Pada masyarakat Turki, spa bersama ikan ini sudah dikenal sejak 200 tahun yang lalu. Tetapi, fish therapy ini baru marak dikenal di Asia, Eropa dan Amerika sejak tahun 2006. Pada awal penemuannya, ikan ini disangka sebagai ikan pemakan daging. Pada waktu itu, saat sekelompok orang berada di sungai Kangal, Turki, ikan-ikan ini mengerubungi kaki mereka. Tetapi, mereka tidak mendapati kaki mereka terluka bahkan mereka merasakan tubuh mereka terasa lebih segar. Itulah, awal mulanya sehingga ikan ini akhirnya dijadikan salah satu terapi untuk menyembuhkan penyakit.

Fish Therapy
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, ada baiknya Anda memperhatikan kebersihan dan kesehatan kolam. Apakah kolam memiliki sistem filter yang baik? Bagaimana prosedur yang harus dilewati sebelum mencoba terapi ini? Sebaiknya, tersedia kolam khusus bagi penderita penyakit kulit tertentu yang tidak tergabung dengan kolam umum sehingga tidak menulari penyakit.
Sebelum mulai memasukkan kaki ke dalam kolam, kaki akan dibersihkan terlebih dahulu. Tujuannya agar kaki bersih dari debu, lotion atau zat kimia lainnnya yang dapat membuat ikan mabuk atau tidak mau mendekati kaki Anda. Pertama kali memasukkan kaki, Anda akan merasakan geli akibat “serbuan” ikan ini. Selanjutnya, Anda juga dapat merasakan seperti tersengat setrum kecil. Ikan kecil ini memang senang memakan sel kulit mati. Tetapi, karena jenis ikan ini tidak mempunyai gigi, maka tidak akan berbahaya dan melukai kaki Anda. Sebaliknya, Anda akan merasakan rasa geli karena diisap ikan ini. Mereka akan terus menempel pada kaki Anda sambil terus menerus memakan sel kulit mati.
Walaupun ikan ini senang makan kulit mati manusia, tetapi mereka juga diberi makanan ikan lainnya dan vitamin agar tetap sehat. Ini dilakukan agar ikan tetap sehat.

Manfaat Fish Spa
Karena memakan sel kulit mati yang ada, maka kaki Anda akan lebih bersih, terasa lebih halus dan dipercaya dapat mengobati penyakit kulit tertentu seperti eksem kering dan psoriasis (kulit merah dan bersisik). Saat menghisap kulit mati, ikan Garra rufa juga akan mengeluarkan air liur yang mengandung sejenis enzim dithranol (anthralin) yang akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Manfaatnya, akan mengurangi rasa gatal pada kulit dan menyamarkan noda bekas luka.
Selain untuk kecantikan dan kesehatan kulit, ikan ini juga dapat memberikan efek positif lainnya untuk tubuh. Saat ikan-ikan ini menyedot kaki kita, kaki akan merasakan setruman-setruman kecil yang dihasilkan dari kerumunan ikan yang dapat merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, terapi hendaknya dilakukan secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu selama 3 bulan.
Melihat ikan yang berlarian dan sigap menyedot kulit mati dapat membuat perasaan rileks. Belum lagi rasa geli akibat isapan mulut ikan-ikan kecil ini. Anda pasti dapat merasakan perasaan nyaman yang akan membuat Anda santai. Jadi, selain kesehatan fisik, kesehatan dan ketenangan pikiran juga dapat Anda nikmati. Pada tempat spa tertentu, Anda tidak hanya dapat memasukkan kaki saja untuk diserbu ikan Garra rufa, tetapi Anda dapat mencoba untuk berendam seluruh badan sambil merasakan sedotan lembut bayi ikan Garra rufa ini. Berniat mencobanya?

**********

KL, 29 Desember 2009

4 Responses

  1. Nice info, baru dengar jg Fish Therapy.. Untungnya tdk pake ikan piranha.

    • ^__^ juga Ukh… Jazakillah khoiron atas kunjunganx, smoga stiap komentar dpt memacu perbaikn blog ini ke depanx.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: