Perkedel Ikan Tongkol


Menjadi seorang wanita, seorang istri dan seorang ibu, tidak akan lepas dari tanggung jawab untuk memasak. Mulai dari memasak nasi, menggoreng tempe, membuat sup dan aneka masakan lainnya yang dapat dinikmati oleh keluarganya. Istri dan ibu yang bijak, akan berusaha memasak makanan yang sehat, dengan gizi seimbang, semenarik mungkin dipandang dan senikmat mungkin di lidah. Bergizi tidak harus mahal kan…🙂

Tips bagi yang belum bisa memasak, kata ibu saya, memasak adalah ilmu “katon”, bisa dipelajari. Jadi jangan takut untuk mencoba. Pertama kali mungkin keasinan, kurang sedap, tapi… semakin sering mencoba, maka semakin berani bereksperimen dalam rasa, memberi bumbu, semakin terasah feel memasak kita.

Awalnya, bisa melihat panduan di buku resep, atau menggunakan resep warisan keluarga (tanya ke ibu juga bisa koq, hehe…). Selanjutnya kita bisa mengkombinasi resep-resep tadi menjadi resep kita sendiri.

Perkedel Ikan tongkolKali ini, mencoba memasak resep baru. Sayangnya, zauji tidak ikut merasakan nikmatnya masakan ini. Kapan-kapan insya Allah ya suamiku🙂. Memasak “Perkedel Ikan Tongkol”.

Bahan-bahannya antara lain 250 gram kentang, 250 gram daging ikan tongkol, garam secukupnya, 1 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok makan margarin, 1 kuning telur, 1 sendok makan bawang merah goreng dihaluskan, 5 siung bawang putih, merica secukupnya dan 1 putih telur.

Cara memasaknya yaitu:

  1. Kukus atau goreng kentang yang sudah diiris tipis sampai matang, kemudian haluskan.
  2. Lumuri daging ikan tongkol dengan garam dan air jeruk nipis, lalu cuci kembali kemudian kukus sampai matang. Setelah matang tiriskan, kemudian haluskan.
  3. Campurkan kentang dengan margarin, aduk sampai rata. Lalu masukkan kuning telur, daging ikan yang sudah dihaluskan, bawang goreng, tepung roti, merica, bawang putih yang sudah dihaluskan dan garam.
  4. Bentuk bulat-bulat. Lumuri permukaannya dengan putih telur, lalu goreng sampai agak kecoklatan.

Mudah kan?!! Selamat mencoba…🙂

2 Responses

  1. Mbak salam kenal yah, tak sengaja ketemu blog ini pas lagi searching soal ikan tongkol, soalnya mau ngenalin kinan anakku sama ikan tongkol…aku copas resepnya yah mbak..
    thanks a lot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: