Opini Sebagai Bahan Pembelajaran dan Introspeksi Diri


Hari ini saya dapat masukan baru atau tepatnya ada pendapat mengenai diri saya. Datangnya dari adik ibu, Om Anung. Di tengah obrolan antara Om, saya dan kedua adik saya (dik Ratna dan dik Andre), tiba-tiba Om Anung mengatakan sesuatu yang membuat saya agak kaget, “koq bisa tahu ya…???” Isinya gini, “ Des, kamu niy cocoknya mang jadi dosen, bukan praktisi klinis (klinisi). Beda ma Ratna yang justru lebih cocok jd klinisi alias dokter praktek.”

“Koq bisa Om?”, tanya saya menyelidik. “Ya karena kamu tu ga bisa deket ma orang. Kalo aku praktek, pasien akan mencari aku meskipun aku niy orangnya “kereng” (baca: sangar dan keras).”, jawab Om Anung. Deg… dalam juga niy perkataannya, sempat menohok hati. Dalam hati saya jawab, “Mungkin karena sifat saya yang introvert dan seringkali berkutat pada pikiran diri sendiri”, hayah… membela diri. Ga papa skali-kali untuk menyemangati diri sendiri, hehe…

Lanjut Om Anung, “Kamu niy ya Des, berpikirnya analitis, jadi lebih cocok dengan hal-hal yang berbau ilmu pengetahuan.”  Ehem…niy lg mengangkat stinggi2nya stelah sempat jatuh td or emang bener ya saya niy ky gtu??? Thinks mode on🙂.

Stelah coba dipikir. Benar memang saya suka jadi dosen dalam hal ini share ilmu yg saya miliki ke orang lain dan saya merasa puas jika orang tadi paham. Ini juga pernah saya sampaikan ke direktur salah satu rumah sakit swasta di Jember pada saat wawacara penerimaan dokter di RS tersebut. Alhasil meskipun akhirnya diterima di RS tadi, setelah beberapa bulan saya mengundurkan diri dan lebih memilih untuk menjadi dosen.

“Analitis???” Untuk masalah ini, mungkin ada benarnya juga, ce’ile…cuit..cuit… Ehmm… perlu ditinjau lebih lanjut😛.  Dan satu hal  lagi baru saya sadari… saya adalah orang yang detail. Dulu saya kira itu karena sifat perfeksionis yang ada pada saya, tp setelah sifat perfeksionis coba dikurangi, koq sifat detail td masih ada. Berarti tidak ada korelasi antara keduanya dan kalopun ada, hanya sedikit pengaruhnya. Lho koq… kaya’ lagi bikin hipotesis ya😉.

Ga bisa dekat ma orang??? Kaya’ nya untuk yang satu ini ga bener dech. Mungkin maksudnya pendekatan ke pasien tu kurang kali ya… Tergantung mood, hehe…

Bagi yang telah mengenal saya… Am I like that? Do you have other opinions  about me? Thanks…

3 Responses

  1. Kesempurnaan hanya ada pada Allah. Kita manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, berharap semoga mendapat hasil yang terbaik setelah berusaha semaksimal mungkin.
    Berkutat pada kekurangan semata membuat kita stagnan (baca: jalan di tempat). Mengembangkan kelebihan yang dimiliki ke arah positif akan membuat kita maju dan menjadi lebih baik. Sembari terus melakukan perbaikan diri atas kekurangan yang dimiliki, yang mungkin bisa diperbaiki.
    Siapapun berhak beropini, memberikan pendapatnya tentang kita. Opini yang positif dijadikan sebagai motivasi untuk memacu diri. Opini negatif, dijadikan bahan introspeksi. Tumbuhkan optimisme untuk menjadi seseorang yang lebih baik, terutama di hadapan Allah Ta’ala, dan bisa menjadi pribadi yang bermanfaat buat orang lain. Aamiin…

  2. hummmm…dokter mudah deket ma orang kok..hehehe..cz saya khan juga orang …dan gak butuh lama….saya dan dokter bisa kenalan….(xixixix) ^_^v

    • Opini pertama…
      Alhamdulillah, mungkin karena Nuril bukan pasien mahasiswa saya kali ya, hehe… atau mungkin krn dah sering ketemu, sering ngobrol, jd dekat dech ^^
      Mungkin kata yang lebih tepat adalah “canggung” jika bertemu dengan orang baru, yang belum dikenal, sehingga perlu menganalisis, beradaptasi dan menjadi pendengar yang baik dulu, wuishh… bahasane rek…
      Terima kasih wa jazakillah khoir atas pendapat/ opininya =)

Leave a Reply

