Kuliah S2 di Malaysia?!!


By research” or “by course“…??? Masing2 ada kelebihan dan kekurangannya. Kalo mo ambil yang by course, berarti yg paling mungkin ya ikut beasiswa DIKTI. Syarat beasiswa DIKTI harus dapat letter of acceptance (LA) dulu dari universitas yang dituju dan tes TOEFL/ IELTS tentunya. Belum lagi nanti masih harus wawancara dengan DIKTI. Keuntungannya, bisa lebih santai pas kuliah karena tesisnya biasanya lebih mudah dibanding yang by research. Untuk mendapatkan LA, beberapa universitas mensyaratkan untuk mendapatkan LA harus lulus tes ujian masuk dan wawancara, tetapi ada juga yang hanya dengan mengirimkan persyaratan yang diminta melalui pos ke alamat universitas tadi. Cara mengetahui persyaratannya, dengan terlebih dahulu masuk ke web universitas yang dituju, baru kemudian mencari bidang yang sesuai dengan bidang kita dan mencari syarat-syarat kuliah di sana. Biasanya jika kita dinyatakan sebagai candidate, maka akan diberikan LA dari Universitas tadi. Baru kemudian apply  ke DIKTI.

Kalo ambil yang by research, kelebihannya ga perlu ribet dan ga pake prosedur yang lama dibanding by course karena bisa langsung menghubungi supervisor yang sesuai dengan bidang atau minat kita via email (setelah awalnya mencari supervisor dari web universitas yang kita tuju), trus memperkenalkan diri kita, dalam bentuk CV, dibuat selengkap dan sejelas mungkin agar supervisor tadi tertarik dan bersedia memberikan LA. Tapi memang yang by research ini akan banyak tugas menanti dan tentunya lebih berat karena harus membuat beberapa paper penelitian dan jurnal2 publikasi internasional. Ehmm…padahal sekolah niy selain mo cari ilmu, pengennya biar bisa lebih deket ma suami sekaligus melaksanakan kewajiban sebagai dosen untuk kuliah S2. Berarti harus memilih yg nyantai dong…kan pingin fokus menjalankan tugas sebagai istri🙂. 

Jadi pada dasarnya, DIKTI bisa digunakan baik yang by research maupun yang by course. Akan tetapi yang membedakan keduanya adalah cara memperoleh LA dan sistem perkuliahan selanjutnya.

Sekarang lagi semangat cari info beasiswa S2, terutama di bidang Farmakologi. Tapi koq ga ada yang ke Malaysia ya? Banyakan Eropa dan USA nya niy… Ujung-ujungnya apply beasiswa DIKTI juga niy ^_^

Saat ini ada beasiswa S2 skaligus langsung S3 di Jepang, mskipun menggiurkan tawarannya, tapi sekarang…fokus dan tujuan dah berubah🙂. Saat ini layaknya besi yang mencari sumber magnetnya. Sumber magnetnya sekarang adanya di Malaysia, hehe… Ada yang bisa ngasi info ga ya gimana biar bisa cepet dapat beasiswa  ke Malaysia dan keinginan untuk dekat dengan suami bisa segera terwujud? Ya…berharap semoga Allah memberikan jalan keluar terbaik bagi kami. Aamiin…

Buat temen2 yg akan menjalani wawancara dengan Prof. Akiba, tetep semangat ya! Manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya, karena niy beasiswa enak banget coz ga perlu susah2 cari supervisor, cari tema penelitian, ga perlu apply kesana kemari dan yang paling penting bisa langsung ambil doktor (PhD). Lagi pula kesempatan untuk mendapatkannya sangat besar dan terbentang di depan mata. Ehmm…it’s very interesting🙂. Ganbatte kudasai !!!

Jika ternyata dengan by research lebih mudah mendapatkan LA, Bismillah…semoga Allah mudahkan jalanku. Aamiin…

2 Responses

  1. huhu… akhirnya ketemu mbak’e di dunia maya….
    Apa kareba ki mbak desie?
    Mang suami mbak’e dmn siichhh?
    Di Malaysia ?
    hohoo long distance juga yah mbak?

    • Iya niy Ni, lama tak jumpa. Pa kabar Ukh?
      Kabar Desie, Alhamdulillah baik (ga tau dalam bahasa Makasar jawabnya apa y, hehe…).
      Yup benar Ni, suami lg di Malaysia. Kita senasib ya… , sm2 lg jauhan🙂.
      Keep’n touch ya Ni, meski hanya lewat dunia maya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: