Hati Sakit vs Hati Sehat


Akhirnya…buku yang selama in saya cari ketemu juga. Yup…buku catatan setiap ikut taklim di Jakarta dulu. Teringat dan merindukan ilmu para ustadz, semoga Allah merahmati beliau-beliau yang ku cinta karena Allah. Semoga Allah mudahkan langkahku, langkah kita untuk terus menuntut ilmu syar’i, karena barangsiapa menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan jalannya ke syurga. Dan sekarang tergerak hati untuk menulis salah satu materi taklim Ustadz Yazid tentang “Tazkiyatun Nufush”. Karena materinya cukup banyak, maka saya tulis sebagian saja ya…

Rosulullah bersabda, yang intinya menyatakan bahwa fitnah membentang pada hati manusia seperti tenunan tikar, hati yang terfitnah akan membentuk bercak hitam, sedangkan yang tidak terfitnah akan tetap bersih. Bercak-bercak hitam ini lama-lama akan semakin hitam. Diriwayatkan oleh Muslim.

Fitnah yang paling besar adalah:

  1. Fitnah subhat yaitu tentang aliran dan golongan.
  2. Fitnah syahwat yaitu harta dan wanita.

Fitnah syubhat akan merusak keyakinan, sedangkan fitnah syahwat akan merusak niat. Keduanya akan menyebabkan penyakit hati.

Sebab-sebab hati menjadi sakit adalah:

  1. Syirik.
  2. Bid’ah, dosanya lebih besar daripada maksiyat, lebih disukai iblis daripada maksiyat dan pelakunya lebih susah untuk bertobat.
  3. Maksiyat, bisa merusak hati bahkan menutupi hati. Orang yang terus berbuat dosa, akan terhina di dunia maupun di akhirat. Jika meninggalkan dosa, maka  akan membersihkan hati.
  4. Cinta dunia. Dunia ini dilaknat oleh Allah kecuali 4 yaitu orang yang berdzikir kepada Allah sesuai dengan sunnah, orang yang melakukan apa-apa yang dicintai oleh Allah, orang yang mengajarkan kebaikan dan orang yang belajar ilmu syar’i. Tiga kerugian orang yang cinta dunia yaitu selalu sedih, selalu cape/ letih dan kerugian yang tidak pernah putus.
  5. Berlebih-lebihan dalam bicara, memandang, makan dan bergaul.  “Barangsiapa yang beriman kepada hari akhir, maka daripada bicara sia-sia, maka lebih baik bagi dirinya diam”. “Memandang adalah panah-panah iblis”.

Tanda-tanda hati yang sehat adalah:

  1. Tujuan hidupnya untuk akhirat. Rosulullah bersabda, “Hendaklah kamu hidup di dunia seperti dalam perjalanan (orang asing) dan hitung dirimu sebagai ahli kubur.” (HR. Tirmidzi). Oleh karena itu dia akan menghargai waktu, berbekal untuk perjalanan akhirat dengan melakukan amal-amal sholeh.
  2. Hati yang selalu bertobat kepada Allah. Rosulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam setiap hari selalu bertobat kepada Allah.
  3. selalu ingat kepada Allah dan tidak bosan dalam berdzikir kepada Allah. Dzikir paling besar adalah membaca Al-Qur’an dan membacanya merupakan obat bagi hati serta melembutkan hati.
  4. Apabila terluput wiridnya, dia lebih sedih daripada kehilangan harta.
  5. Rindu melakukan ibadah kepada Allah Ta’ala seperti rindunya orang yang lapar karena tidak makan dan minum.
  6. Bila masuk ke dalam sholat, maka hilang kesedihan dan kesibukannya dengan dunia. Dia merasa nikmat dengan sholatnya.
  7. Tujuannya hanya satu untuk Allah dan kepada Allah. “Orang yang tujuannya untuk akhirat maka Allah mudahkan urusannya, diberi rizki dari sisi yang tak terduga.”
  8. Lebih bakhil terhadap kehilangan waktu daripada hartanya. Antara iman dan bakhil tidak akan bertemu dalam satu hati karena orang yang beriman akan sangat dermawan.
  9. Selalu memperbaiki amal, apakah sudah ikhlas karena Allah semata ataukah belum. Maka perlu selalu memperbarui niat dan meluruskan niat mengaharap ridho Allah Ta’ala semata.

“Allah menciptakn mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya…” QS. Al-Mulk: 2)

Jadi, bukan yang paling banyak amalnya, tapi yang paling baik amalnya, yaitu yang ikhlas karena Allah Ta’ala dan bermohon semoga Allah menerima setiap amalan kita. Aamiin…

Termasuk yang manakah hati kita saat ini? Yang sehat ataukah yang sakit…?

(19 November 2007 , Pustaka Imam Syafi’i, Cimpedak, Jakarta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: