Lemah Iman Saat Datang Bulan


Sesungguhnya amal hati lebih agung dan lebih berat daripada amal jawarih (anggota badan). Amalan hati adalah inti, sedangkan amal anggota badan mengikuti dan melengkapi.” (Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah).

Tak ada yang salah dalam takdir Allah. Tak ada yang tak adil dalam segala kebijakanNya. Semua tergantung bagaimana para hamba menyikapinya. Begitupun dalam perkara haidh. Tentu banyak hikmah yang terkandung di balik itu. Kalaupun akhirnya banyak muslimah yang mengalami penurunan iman secara drastis setiap kali mengalami haidh, itu lebih karena salah dalam persepsi, atau keliru dalam menyikapi.

Di antara faktor-faktor itu adalah minimnya ilmu terhadap jenis-jenis ibadah terutama ibadah hati, jauh dari dzikrullah dan sibuk dengan dosa. Inilah perkara yang kebanyakan luput dari perhatian kita. Amal hati dituntut adanya secara dawwâm (kontinyu). Ibadah juga sering dimaknai sempit, sebatas ibadah-ibadah khusus. Sehingga wajar jika muslimah merasa kehabisan peluang untuk beribadah ketika haidh. Tidak boleh shalat maupun shaum. Padahal definisi ibadah itu luas, sehingga memungkinkan bagi seorang muslimah untuk merealisasikan ibadah setiap waktu, dua puluh empat jam sehari semalam. Berangkat dari minimnya ilmu terhadap jenis ketaatan, maka sibuk dengan perkara yang mubah dan lalai dari dzikrullah juga sering menjadi tradisi wanita yang sedang haidh.

Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dengan yang tidak berdzikir itu seperti orang yang hidup dan yang mati.” (Hadits riwayat Bukhori dalam Shohihnya, kitab Ad Da’awaat, Bab Fadhlu Dzikrullah, No. 6407).

Ya…dianjurkan bagi wanita haidh untuk memperbanyak doa, istighfar, dzikir dan merendahkan diri kepada Allah, apalagi di waktu-waktu yang mulia. Maka, kemana lagi larinya nafsu ketika sepi dari dzikir dan ketaatan. Ia akan kembali kepada kecenderungannya kepada keburukan dan dosa. Sedangkan naiknya iman itu dengan amal shalih, dan turunnya adalah karena maksiyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: