Teknik Akupresur Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Semua orang menginginkan hidup sehat, karena hidup yang sehat merupakan syarat mutlak bagi manusia untuk dapat melakukan kegiatannya sehari-hari dalam mengisi kehidupan. Bagaimana caranya merawat atau memperoleh kesehatan yang optimal sedangkan lingkungan tempat manusia tinggal, penuh dengan ancaman penyakit yang selalu siap menyerang, mengganggu kesehatan dan kelangsungan hidup. Wuih…atut, eh…syerem! Memperkuat daya tahan tubuh adalah jawaban yang paling utama. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, penyebab penyakit yang menyerang dapat dilawan dan diusir sehingga kesehatan tetap terjamin. Daya tahan tubuh yang lemah mengakibatkan badan mudah terserang penyakit dan kondisi tubuhpun menurun. Apalagi kalau di sekitar kita banyak yang sedang sakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh virus seperti influensa.

Kenali gejala-gejala menurunnya daya tahan tubuh yaitu badan terasa lemah, lesu, kurang gairah, mudah lelah, sering berdebar, sering pegal-pegal, kurang nafsu makan, daya pikir menurun, mengantuk, dll. Cara meningkatkan daya tahan tubuh, pertama tentunya dengan gaya hidup yang baik, mulai dari makanan dengan gizi seimbang (jangan lupa buah dan sayur lho…), olahraga dan istirahat cukup, banyak minum air putih dan hindari hal-hal yang dapat menurunkan daya tahan tubuh (think mode: On, dicari sendiri ya :P). Kemudian, pijat titik-titik akupresur terpilih berikut:

  • Lb (lambung) 36, lokasinya empat jari di bawah titik Lb 35 (di pojok tulang bawah tempurung lutut sebelah luar). Indikasinya juga untuk sakit kepala, gangguan pencernaan karena dingin, rasa sering lapar karena lambung panas, perut kembung, nyeri lambung, susah berak, nyeri tenggorokan, kaki dan lutut nyeri, dan bengkak seluruh badan.
  • Lp (limpa) 6, lokasinya empat jari ke atas dari mata kaki bagian dalam. Indikasinya juga untuk gangguan pencernaan, usus bunyi, kembung, mencret, haid tidak teratur, keputihan, perdarahan terus, sukar melahirkan, nyeri tungkai bawah dan ngompol.
  • SJ (selaput jantung) 6, lokasinya tiga jari di atas pergelangan tangan bagian tengah. Indikasinya juga digunakan pada sakit lambung, muntah-muntah, cegukan, susah tidur, gelisah, kejang siku, dan perut mual.
  • UB (usus besar) 4, lokasinya di punggung tangan pada tempat yang paling tinggi jika ibu jari dan jari telunjuk dirapatkan. Indikasinya untuk sakit kepala depan dan samping, sakit tenggorokan, sakit gigi, lumpuh, anggota badan atas, mencret, kaki tangan pegel linu, sakit panas tak keluar keringat, haid tidak datang dan buang air besar susah.
  • G (ginjal) 3, lokasi di lekukan belakang mata kaki bagian dalam. Indikasinya juga digunakan pada sakit tenggorokan, sakit gigi, asma, haid tidak teratur, susah tidur, mani cepat keluar (ejakulasi dini), dan lemah syahwat.

Setiap titik dipijat dengan teknik penguatan yaitu pijatan yang mengikuti arah putaran jarum jam dan dilakukan selama 30 kali tekanan atau putaran. Sedangkan pijatan yang lebih lama akan menimbulkan reaksi melemahkan. Selamat mencoba!

One Response

  1. Wah ini bermanfaat sekali….
    Thx ya mbak Desie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: