Belajar Akupresur


Akupresur adalah pemijatan yang dilakukan pada titik tertentu di permukaan tubuh sesuai dengan titik akupunktur. Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan ujung jari, siku atau menggunakan alat yang tumpul dan tidak melukai permukaan tubuh penderita. Pemijatan ditujukan untuk mengembalikan keseimbangan yang ada di dalam tubuh dengan memberikan rangsangan agar aliran energi kehidupan dapat mengalir dengan lancar. Manfaat akupresur anatara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan tubuh, mencegah penyakit tertentu, mengatasi keluhan dan penyakit ringan, serta untuk memulihkan kondisi tubuh.

Akupresur berasal dari Cina yang telah ada sejak lima ribu tahun yang lalu dan merupakan kumpulan dari pengalaman dan penelitian dari abad ke abad yang terus dipelajari, ditelaah dan dikembangkan sampai sekarang. Akupresur merupakan salah satu bentuk dari akupunktur (tusuk jarum) dan berusia lebih tua dari akupunktur. Pada awalnya merupakan suatu cara penyembuhan yang dilakukan oleh orang awam dan berasal dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan dengan penekanan ujung-ujung jari tangan pada daerah tertentu di permukaan tubuh. Mungkin seperti yang dilakukan oleh tukang pijat atau tukang urut kali ya, yang hanya sekedar memijat bagian tubuh kita, tapi belum tahu titik mana yang seharusnya ditekan/ dipijat untuk menghasilkan efek yang diinginkan sesuai dengan kondisi badan orang yang diurut tadi.

Perkembangan akupunktur dan akupresur tidak saja di negeri Cina, tetapi juga berkembang di Asia Timur sampai ke eropa, sedangkan di Indonesia akupunktur telah ada sebelum perang dunia kedua. Tahun 1963 akupunktur di Rumah Sakit Umum Pusat yang sekarang dikenal dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), mulai merintis pembentukan bagian akupunktur dan berkembang menjadi unit pelayanan teknis rumah sakit. Sedangkan akupresur di Indonesia berkembang lebih banyak di kalangan pengobat tradisional dan masyarakat karena merupakan pengobatan yang murah dan mudah. Jadi, kita pun bisa untuk belajar, berlatih dan selamat mencoba! Saya sudah mencoba dan membuktikan, Alhamdulillah sedikit-sedikit bisa lah dipraktekkan ke suami dan keluarga. Kata suami, “Cukup berbakat!” Hehe…ge-er dech istrinya🙂.

2 Responses

  1. Thx Mbak infonya…….akan lebih baik kalau ada gambar/titik -titik utk dipijat dan manfaatnya.

    • Dtampung dulu sarannya, mdh2an bs ditampilkan nantinya, krn memang akan lbh mdh untuk dipraktekkan. Trm ksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: