Akupresur Pada Kasus Sakit Kepala


Sekarang saatnya kita melangkah pada tahapan selanjutnya, yaitu menerapkan teknik akupresur pada kasus-kasus penyakit. Kali ini, kita akan menerapkannya pada kasus sakit kepala. Mengapa??? Karena sakit kepala merupakan suatu keluhan yang sering diderita dan dapat terjadi pada setiap orang. Keluhan yang dirasakan dapat berupa berdenyut atau seperti ditekan. Umumnya dirasakan pada tempat-tempat tertentu di bagian kepala.

Pengobatannya adalah dengan menghindari penyebabnya, maka kenali dulu penyebab sakit kepala tadi, baru penyebabnya diatasi sekalian sambil dilakukan pemijatan. Kalau karena kecapekan ya istirahat, karena lapar ya makan tho, kalau karena ada penyakit-penyakit yang mendasarinya, seperti lagi kumat hipertensinya (baca: tekanan darah tinggi), ya ditensi dulu, trus minum obat yang dah dikasih dokter. Bagaimana cara pemijatannya? Pijat titik-titik terpilih berikut :

  • KE (kandung empedu) 20, lokasinya pada lekukan di belakang kepala, dua jari dari batas rambut belakang. Indikasinya selain untuk sakit kepala, juga leher kaku, nyeri bahu, mata merah nyeri, permulaan influensa.
  • KE 21, lokasinya pada lekukan di atas bahu, lurus ke bawah dengan daun telinga. Indikasinya juga untuk leher kaku, nyeri bahu, lengan tidak dapat diangkat.
  • H (hati) 3, lokasinya di punggung kaki antara pangkal ruas tulang ibu jari dan jari kedua. Indikasinya juga untuk perdarahan, mani encer, hernia, ngompol, sakit testis, mulut miring, daerah iga sakit, dan sakit pinggang.
  • Lb (lambung) 36, lokasinya empat jari di bawah titik Lb 35 (di pojok tulang bawah tempurung lutut sebelah luar). Indikasinya juga untuk gangguan pencernaan karena dingin, rasa sering lapar karena lambung panas, perut kembung, nyeri lambung, susah berak, nyeri tenggorokan, kaki dan lutut nyeri, bengkak seluruh badan, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.
  • TU 20, lokasi tepat di puncak kepala, indikasinya untuk sakit kepala dan juga pusing.
  • Ist (Istimewa) 1, lokasinya di antara dua alis, indikasi untuk sakit kepala bagian depan, pusing, penyakit mata dan rasa tegang.
  • Ist 2, lokasinya pada titik pertemuan perpanjangan ujung alis dan sudut mata sebelah luar. Indikasi untuk sakit kepala, sakit mata dan pusing.
  • Sebagai tambahan, Ist 3 lokasinya di tengah-tengah alis mata. Indikasinya untuk penyakit mata dan sakit kepala sebelah.

Jangan khawatir bahwa pemijatan akan berdampak pada penyakit yang semakin parah atau salah pijat atau malah akan menimbulkan gejala lain. Sebelum dipijat, pastikan titiknya benar dengan cara menanyakan apakah terasa nyeri atau pegal saat ditekan, kalau iya, baru lakukan pemijatan. Biasanya saya dengan arah memutar searah jarum jam menggunakan ibu jari. Ayo dipraktekkan, diawali dengan membaca, “Bismillah” dan berdoa agar diberi kesehatan, karena kesembuhan dan kesehatan atas idzin Allah semata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: