Begadang…Jangan Begadang…


“Begadang, jangan begadang…bila tiada gunanya. Begadang boleh saja… asal ada manfaatnya.
Cuplikan teks lagu siapa hayooo??? Yang menganjurkan untuk tidak tidur larut malam, kecuali melakukan hal-hal yang bermanfaat🙂. Tapi… jangan dinyanyikan atau malah cari lagunya ya, haram kan hukumnya musik dan lagu. http://muslimah.or.id/manhaj/bingkisan-istimewa-untuk-saudariku-agar-bersegera-meninggalkan-musik-dan-lagu.html

Penemuan Terbaru Mengenai Kanker Hati
  
Jangan Tidur Larut Malam!

Para  dokter di National Taiwan Hospital telah mengejutkan dunia  kedokteran dengan ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37  tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati  (SGOT,SGPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui  positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm! 
  
Selama ini  hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks pemeriksaan  fungsi hati (Liver Function Index). Mereka menganggap bila pemeriksaan  menunjukkan hasil indeks yang normal berarti semua OK. Kesalahpahaman  macam inilah yang terjadi pada dokter muda tadi.  Di dalam dunia kedokteran, seorang dokter akan menegakkan diagnosis penyakit pasiennya melalui anamnesis, pemeriksaan fisik dan terakhir dengan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium, foto rontgen, CT Scan, dll. Pemeriksaan penunjang bukanlah alat utama untuk menegakkan diagnosis, tapi justru dari anamnesis dan pemeriksaan fisik itulah kita sudah mulai mendapatkan beberapa diagnosis banding, yang kemudian dikonfirmasikan lagi dengan hasil dari pemeriksaan penunjang yang dilakukan, sehingga didapatkanlah diagnosis kerja. Perlu digarisbawahi disini, itu jika penyakit sudah bergejala. Jika tidak? Padahal kita tahu mencegah lebih baik daripada mengobati dan deteksi dini merupakan awal yang baik untuk mengobati kanker. Maka untuk deteksi dini sebelum ada tanda dan gejala, mutlak diperlukan suatu pemeriksaan penunjang, karena biasanya belum bermanifestasi sebagai tanda dan gejala penyakit, sehingga dari pemeriksaan fisik kadang tidak nampak. Itulah mengapa perlunya dilakukan general check up per tahun terutama pada orang-orang di atas umur 40 tahun, karena sudah mulai terjadi penurunan fungsi organ dan mulai meningkatnya insiden kanker dan penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, infark jantung, kencing manis (diabetes mellitus). Beberapa kanker dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium, seperti Paps Smear untuk deteksi kanker serviks (leher rahim), lainnya menggunakan radio diagnostic seperti kanker hati dengan USG abdomen dan kanker payudara dengan mammografi dan USG. Selain pentingnya deteksi dini dengan pemeriksaan berkala, maka pencegahannya juga harus diutamakan, terutama bagi orang dengan faktor risiko kanker seperti memiliki riwayat keluarga menderita kanker. 
  
Belajar dari kasus dokter di atas, maka tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dengan benar dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan.  Tetapi  ironisnya,ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan  yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa  kanker hati sulit untuk disembuhkan.
Penyebab utama kerusakan hati adalah :

  1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling  utama.
  2. Pola makan yang terlalu berlebihan.
  3. Tidak makan pagi.
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan, minum alkohol.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat
     pewarna, pemanis buatan.
  6. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan  minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga  berlaku meski  menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan  mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat,  kecuali dalam  kondisi tubuh yang fit.
  7. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati.  Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/ 5 bagian. Sayur yang  digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya  tambahan. Cukup atur gaya  hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat  melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan  jadwalnya, sebab :

  • Malam hari jam 21.00-23.00 adalah pembuangan zat- zat tidak  berguna/beracun (de-toxin) di bagian  sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama  durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan  suasana tenang atau bisa kita manfaatkan dengan membaca Al-Qur’an. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih   dalam kondisi yang tidak santai  seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal  ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
  • Malam hari jam 23.00 – dini hari jam 01.00 adalah saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • Dini hari jam 01.00 – 03.00 adalah proses de-toxin di bagian empedu, juga  berlangsung dalam kondisi tidur.
  • Dini hari jam 03.00 – 05.00 adalah de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan  terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka  tak perlu minum obat  batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  • Pagi jam 05.00 – 07.00 adalah de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di  kamar kecil.
  • Pagi jam 07.00 – 09.00 adalah waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus  makan pagi. Bagi orang  yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum jam 06.30.  Makan  pagi sebelum jam  07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan  pagi harap merubah kebiasaannya ini,  bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga jam 09.00-10.00 daripada tidak  makan sama sekali.Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan  mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu,dari tengah malam hingga  pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi  darah.

Sudah adakah literatur atau Text Book yang mencantumkan hal tersebut? Atau sudah adakah penelitian tentang hal ini? Yang jelas, mari kita coba ambil manfaatnya, karena bisa jadi itu benar, tapi bisa juga tidak sepenuhnya benar. Kita memang dianjurkan untuk sarapan pagi kan, karena pada saat pagi hari kita akan memulai aktivitas yang cukup berat hingga siang hari nanti, sehingga butuh energi ekstra. Kalau alasannya ntar malah ngantuk, maka sarapan kan ga harus dengan nasi, kadang sesendok madu dan susu cukup digunakan sebagai sumber energi. Alangkah baiknya jika kita bisa tidur awal, kemudian bangun di sepertiga malam yang akhir untuk menjalankan sholat Tahajud (Qiyamul lail). Dan yang terakhir, mari kita manfaatkan waktu kita dengan baik, mulailah gaya hidup sehat, jaga kondisi jasad dan ruh kita tetap fit dan OK sepanjang hari.

Kesehatan adalah keharmonisan fungsi antara body (tubuh), mind (pikiran), dan spirit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: