Obat Ada Dalam Makanan Kita Sehari-hari


Let food be your medicine and medicine be your food…”

Berdasarkan penelitian, penduduk Okinawa, Jepang, yang biasa mengkonsumsi ikan sardina dan penduduk Loma Linda, California, yang biasa mengkonsumsi kacang dan kedelai, hidup lebih lama, lebih sehat dibanding penduduk lain di muka bumi (ini kata Mr. Buettner lho…dipublikasikan tahun 2005). Berdasarkan penelitian lainnya, penduduk Eskimo yang mengkonsumsi ikan laut, memiliki kadar kolestrol dan lemak jahat (LDL) sangat rendah. Ini menunjukkan bahwa makanan sehari-hari yang kita konsumsi, bisa menjadi obat bagi tubuh kita, untuk mencegah timbulnya penyakit dan juga untuk mengobati penyakit dengan gejala-gejala ringan, sehingga tidak sampai bermanifestasi sebagai penyakit.

 Pengobatan herbal telah lama digunakan oleh bangsa China, Mesir, India, Jepang dan Persia sebagai seni dalam penyembuhan berbagai macam penyakit.

To heal is to make whole”

Kesehatan adalah keharmonisan fungsi antara body (tubuh), mind (pikiran), dan spirit. Timbulnya penyakit kronik dan penyakit degeneratif (disebabkan proses penuaan),  seperti penyakit kardiovaskuler (hipertensi, stroke, gagal jantung), diabetes melitus (kencing manis), kanker, dll., merupakan akibat dari kurangnya aktivitas fisik, seperti olahraga, dan konsumsi makanan yang tidak sesuai bagi tubuh.

Radikal bebas juga berpengaruh pada proses penuaan dan timbulnya penyakit kronik degeneratif. Radikal bebas ini bersumber dari asap rokok (perokok pasif lebih berat risikonya 3 kali lipat dibanding perokok aktif), asap kendaraan bermotor, makanan-makanan yang dibakar atau diasap. Kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas tadi, berbeda pada tiap individu, bergantung pada status kesehatan, nutrisi/ gizi, genetik dan juga tingkat stress yang dialami. Tubuh kita mempunyai kemampuan untuk melawan radikal bebas melalui pembentukan glutation dan metalotionin, yang dikenal sebagai antioksidan paling kuat. Dan ternyata, buah-buahan dan sayuran segar merupakan antioksidan yang baik dalam melawan efek radikal bebas. Terdapat beberapa vitamin, mineral, herbal dan suplemen makanan yang memiliki efek antioksidan cukup besar, antara lain vitamin A, C, E, mineral selenium, flavonoid pada sayuran, buah jeruk, herbal seperti ginkgo biloba,  astragalus, teh hijau, dan masih banyak lagi.

Good nutrition, mostly but not entirely containing vegetables and fruits, and caloric restriction are essential to preventive medicine, and helps one lead a happier and healthier life”

Ternyata banyak obat-obatan yang berasal dari herbal. Contohnya seperti, alkaloid, ergot (untuk obat migren), digitalis (untuk obat gagal jantung), beberapa antibiotik, serum dan vaksin, juga berasal dari herbal.

Obat apa saja yang ada dalam makanan atau minuman kita sehari-hari? Contohnya, antara lain:

  1. Air putih. Jangan meremehkan minuman yang satu ini. Mudah didapat, harganya murah beut, tapi khasiatnya, Subhanallah…Kita dianjurkan minum sehari minimal 8 gelas, lebih banyak lebih baik. Kenapa? Karena tubuh manusia 70 % terdiri dari cairan (sebagian berupa darah, lainnya tersimpan di jaringan tubuh kita, atau bisa dikatakan berupa cairan intravaskuler dan ekstravaskuler). Nah cairan ini tentu saja dibutuhkan untuk proses metabolisme, sirkulasi, dan terutama proses pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui ginjal dalam bentuk urin (baca: air kencing). Karenanya…makin banyak kita minum , makin sering kita buang air kecil (BAK), makin jernih kan warnanya, begitu juga sebaliknya jika jarang minum, maka urin akan lebih pekat. Kunci agar terhindar dari penyakit-penyakit, terutama yang menyerang ginjal dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan “batu” dalam saluran kemih, perbanyaklah minum air putih. It’s very simple! Jika demam atau panas tinggi, tindakan pertama adalah dengan memperbanyak minum. Jika batuk berdahak, perbanyak minum, terutama yang hangat. Jadi, jangan ditunda lagi, mulailah saat ini juga🙂.
  2. Teh hijau. Manfaatnya yang sering didengungkan adalah untuk melangsingkan tubuh, mau tahu lebih banyak manfaatnya? Ternyata…daun teh hijau ini berguna sebagai antioksidan, mencegah efek zat-zat kimia pada tubuh kita, menghentikan kerusakan pada gigi dan meningkatkan mood (proses mental, memberikan ketenangan dan kenyamanan).
  3. Jahe/ ginger. Manfaatnya antara lain mengobati mual, muntah, motion sickness, terutama pada saat perjalanan jauh, meningkatkan efek anti inflamasi (anti radang), mengurangi rasa sakit, terapi pada batuk dan sesak napas.
  4. Bawang putih. Pernah dengar tidak, kalau efek antioksidan dari bawang putih ini 10 kali lipat lebih besar dibandingkan temannya (teman ataukah lawan, hehe…) yaitu bawang merah. Selain itu, khasiatnya juga digunakan pada motion sickness dan artritis (penyakit radang/ inflamasi pada sendi). Telah dilaporkan juga bahwa bawang putih dapat menurunkan agregasi trombosit dengan mencegah pembentukan tromboksan (sintesis tromboksan), sehingga dapat mengurangi insiden terjadinya stroke dan infark miokard akut (serangan jantung akut). Juga berkhasiat meringankan kepala yang berat saat demam.
  5. Stawberry, buah pelindung. Strawberry merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi di antara buah-buah lain. Buah ini juga dapat melindungi tubuh dari kanker, membebaskan penyumbatan darah.
  6. Apel. Satu apel setiap hari menjauhkan kita dari dokter! Meskipun kandungan vitamin C sedikit, apel mengandung zat antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan aktivitas vitamin C sehingga dapat menurunkan resiko terkena kanker kolon, serangan jantung dan stroke.
  7. Jeruk. Obat yang paling manis. Mengkonsumsi 2-4 buah jeruk setiap hari akan membuat kita terhindar dari sakit flu, menurunkan kolesterol, mencegah dan membersihkan batu ginjal dan mengurangi kanker kolon.
  8. Seledri dan ketimun dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri juga dapat digunakan untuk mengatasi keracunan pada darah dan alergi serta obat penyakit kulit.

Dan masih banyak contoh lainnya. Subhanallah kan…kita dikelilingi dengan banyak hal yang bermanfaat. Alhamdulillah…tidak ada yang sia2 di muka bumi ini, Allah telah menciptakan alam dan seisinya untuk digunakan oleh manusia dengan sebaik-baiknya.

Masih banyak lagi contoh lainnya, sehingga…marilah kita mulai hidup sehat, dengan menerapkan pola diet (konsumsi) makanan yang tepat, sehat, dengan gizi seimbang. Dan jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga, ajaklah keluarga Anda, sayangi tubuh Anda, karena SEHAT ITU MAHAL…!

Sumber : dari berbagai kumpulan artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: