Ga’ Jadi Dapat 500 Ribu Dech…


Saya punya cerita niy…

Hari ini, Selasa 24 Maret 2009, jam 6 pagi, saya mendapat telepon dari teman yang bekerja di salah satu RS di Jember, yang meminta saya untuk menggantikannya menjadi dokter pada sebuah acara bakti sosial. Mengingat tempat diadakannya acara agak jauh dari kota, sekitar 1 jam, selain itu pemberitahuannya agak mendadak juga (lha wong jam 8 harus dah mulai, maklum segala sesuatunya harus terjadwal buat saya…), so saya putuskan untuk tidak ikut (padahal, hari ini pas lagi ga da tugas ngajar, karena mahasiswa sedang menghadapi ujian, hiks…). Tetapi tidak lupa saya merekomendasikan nama teman yang kemungkinan besar bisa menggantikan. Di akhir telepon, dia sempat mengatakan, “Lumayan lho Des, dari jam 8 sampai jam 12 dapat fee Rp 500.000,-“. Dalam hati saya sempat da rasa penyesalan, kenapa ga diterima saja ya tawaran itu.

Beberapa jam kemudian ganti saya yang coba menghubunginya, untuk memastikan apakah sudah ada dokter pengganti. Alhamdulillah teman yang saya rekomendasikan tadi bersedia. Dan ternyata saya baru tahu bahwa bakti sosial tersebut diadakan oleh salah satu partai besar, maklum menjelang PEMILU 2009. Ada rasa syukur telah menolak ajakan teman tadi, karena terus terang saya tidak “sreg” dengan acara-acara terutama bakti sosial (pengobatan & sunatan massal) yang didasari niat untuk mencari simpati masyarakat. Idealis niy yee…

Di rumah, saya coba ceritakan kepada ortu, eh…malah dibilang, “Dasar gemblung kowe (koq kaya’ nama makanan ya…eh bukan se…itukan gemblong , rejeki koq malah ditolak”). Mendengar itu, saya hanya tersenyum, hehe… Ya mungkin ini sudah menjadi jalan Allah untuk “melindungi” hamba Nya dari rejeki yang mungkin bagi saya masih ndak “sreg” untuk menerimanya. Terlepas dari itu, hikmah yang bisa saya ambil dari pengalaman tersebut yaitu mengingatkan saya bahwa rejeki itu sudah diatur oleh Allah Ta’ala, tidak akan salah diberikan dan tidak perlu ada penyesalan kalau ga dapat, malah harus ikhlas karena memang bukan menjadi hak kita. Wallahua’lam.

Leave a Reply

